Sabtu, 04 Maret 2017

Cara meningkatkan keamanan Handphone agar tidak mudah diretas

keamanan merupakan salah satu hal yang penting di dunia yang serba digital, apalagi sejak smartphone merajai perkembangan teknologi dalam beberapa tahun belakangan. setiap orang pasti menyimpan semua data pribadi mereka dalam smartphone mereka. baik itu email, nomer handphone, dan lain sebagainya. kali ini saya akan memberi tahu bagaimana caranya meningkatkan keamanan handpohone dengan enkripsi yang canggih.

Back Up Smartphone Kamu

sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kamu melakukan hal yang satu ini. jika terjadi eror atau kesalaahn dalam proses enkripsi maka data-data dan informasi yang berada di smartphone kamu tidak hilang



Pastikan Baterai Penuh

pastikan baterai kamu terisi minimal 80% agar memudahkan proses enkripsi. ada berberapa proses enkripsi yang menyarankan kamu menyambungkan device dengan charger.



Aktifkan Kunci Layar

proses enkripsi ini tidak akan bekerja jika saja kamu tidak mengaktivasi kunci layar, kamu bisa membuat kunci layar dengan pin, password, atau pola. 


Mulai Enkripsi

Kalau persiapan sudah oke, selanjutnya kita bisa mulai proses enkripsi. Kamu bisa menemukan fitur ini di Settings > Security > Encrypt device. Luangkan waktu untuk membaca keterangan yang ada, nantinya kamu harus membuka smartphone dengan metode keamanan yang telah kamu pilih di kunci layar.
Jangan sampai lupa ya, jika lupa kamu harus me-reset smartphone. Tekan 'Encrypt device' untuk memulai proses enkripsi. Selama proses berlangsung, sebaiknya jangan mengutak-atik smartphone kamu. Proses biasanya berlangsung selama 1 jam, tergantung dari tipe smartphone juga.

Nonaktifkan Smart Lock

Beberapa smartphone dengan versi Android cukup baru memiliki fitur yang disebut Smart Lock, dimana perangkat kamu akan secara otomatis terbuka dalam keadaan tertentu. Misalnya jika kamu tiba di rumah ataupun saat terhubung ke perangkat yang kamu percaya sebelumnya.
Fitur tersebut memang memudahkan kamu, tapi tidak cocok buat kamu yang peduli dengan keamanan. Kamu bisa mematikan fitur ini melalui Settings > Security > Smart Lock.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates